Senin, 05 April 2010

Sains dan Teknologi

pasti anda sudah sedikit mengenal apa itu RSS?RSS adalah singkatan dari(Really Simple Syndication). RSS merupakan salah satu contoh atau lebih tepatnya format data web feed.Saat browsing menjelajahi dunia maya, anda mungkin pernah melihat gambar icon seperti gambar dari sebuah blog yang memiliki fasilitas web feed.


Sekilas Tentang RSS Feed Dan Teknologi Yang Ada Dibaliknya
Artinya, saat kita melakukan subscribe (berlangganan) web feed blog tersebut, maka seluruh posting yang terdapat pada blog tersebut dapat kita nikmati melalui Google, Bloglines, Netvibes, dan lainnya. Jadi, sama saja dengan memindahkan konten blog ke dalam sebuah aplikasi kita sendiri (disebut dengan aggregator atau feed reader), dan kita dapat terus mengikuti berita terbaru tanpa perlu mengunjungi blog tersebut.

Keuntungan yang akan kita peroleh dari melalukan web feed, antara lain:

1. Dapat membaca konten dari satu atau lebih website tanpa harus mengunjunginya, termasuk menulusuri konten yang lama, walaupun hal ini tergantung website atau blog yang bersangkutan untuk memberikan batas konten.
2. Kita dapat mengakses web feed, membaca kapan dan dimana saja, selama kita terhubung dengan internet.
3. Tidak perlu mendaftarkan alamat e-mail untuk melakukan subscribe, sehingga aman dari spam dan "hadiah" lainnya melalui e-mail, seperti virus, hoax, phising, dan lainnya.

Walaupun demikian, tidak semua website cocok menerapkan web feed, beberapa website yang kurang cocok menerapkan web feed adalah:

1. Website yang waktu update-nya relatif cepat dan informasi lama sering tidak dipakai lagi. Misalnya, website yang menampilkan informasi mata uang atau harga saham.
2. Web portal atau web directory.
3. Web forum.

Web feed tidak selalu memberikan konten penuh, umumnya blog memiliki opsi yang membebaskan pemilik blog untuk memberikan konten penuh atau hanya sebagian kepada feed reader.

Teknologi apa yang yang ada dibalik web feed? Web feed merupakan contoh dari pull technology atau client pull, artinya request (permintaan) berasal dari client (kita), dan akan direspon oleh server. Mudahnya, seperti kita memesan McDonalds dengan layanan delivery 24/7. Kita sebagai client (pelanggan) melakukan request, dan McD sebagai server akan merespon dengan mengantarkan paket tersebut. Secara lebih teknis, web feed merupakan dokumen XML yang memiliki format khusus. Dua format web feed yang umum saat ini adalah format RSS dan Atom.

referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar